Informasi dan Data

Blognya Informasi dan Data Statistik NTB

New!!! RTRWP NTB 2009-2029

leave a comment »

GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT

S A M B U T A N

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan karunia-Nya sehingga Provinsi Nusa Tenggara Barat kini telah memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Tahun 2009-2029 sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Salah satu kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat baik yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), adalah percepatan pertumbuhan ekonomi daerah  dengan memperhatikan pemanfaatan ruang. Hal ini bermakna bahwa upaya-upaya pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi menuju terwujudnya kesejahteraan masyarakat harus memperhatikan kaidah-kaidah tata ruang, karena pembangunan bukan semata bermakna fisik, namun harus seimbang dengan lingkungan hidup. Lingkungan hidup yang baik diwujudkan dalam keteraturan pemanfaatan ruang berdasarkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Keberadaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) bagi suatu daerah adalah dalam rangka mengatur arahan pemanfaatan ruang ke depan dengan mempertimbangkan kondisi masa lalu, kini dan masa yang akan datang. Pengalaman bagi Provinsi NTB, dengan adanya berbagai kebijakan strategis, ternyata telah menjadikan dinamika pembangunan bergerak demikian cepat, terkadang lebih cepat dari apa yang telah direncanakan sebelumnya, termasuk perubahan paradigma penataan ruang dan berbagai kebijakan pembangunan lainnya, dimana kesemuanya menuntut dan mengharuskan adanya pengaturan dan pengendalian dalam bentuk Rencana Tata Ruang Wilayah guna menjaga keselarasan pemanfaatan ruang dan kesesuaian gerak pembangunan.

Saya menyambut baik telah dilakukannya penyempurnaan terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan semoga keberadaan RTRWP 2009-2029 ini dapat menjembatani kepentingan kita semua, yaitu kepentingan Pemerintah Pusat, kepentingan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun kepentingan antar pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat dan dunia usaha dalam rangka mewujudkan keutuhan, keserasian, keselarasan dan sinergitas program pembangunan di daerah.

Akhirnya atas nama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB bersama Tim Penyusun yang telah  berperan dalam penyusunan dokumen RTRW Provinsi NTB 2009-2029 hingga ditetapkan dengan Peraturan Daerah. Teriring harapan agar RTRWP ini dapat menghantarkan Nusa Tenggara Barat menjadi lebih baik ke depan. Amin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Gubernur Nusa Tenggara Barat

H. M. Zainul Majdi, M.A

Download

Cover RTRW
Perda RTRWP
Peta RTRWP

Written by Administrator

July 8, 2010 at 9:09 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: