Informasi dan Data

Blognya Informasi dan Data Statistik NTB

Komunitas Lingkungan Hidup NTB

leave a comment »

Nomor : 008/HD/TG/XII/2009 Mataram, 8 desember 2009
Prihal : Pembangunan Konservasi Penyu

Kepada Yth :
Gubernur Kepala Daerah
Nusa Tenggara Barat
di-
Mataram.

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Wr, Wb

Bersama ini kami dari komunitas Lingkungan Hidup Nusa Tenggara Barat menyampaikan beberapa permasalahan dalam Pembangunan Penangkaran Penyu yang berlokasi di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Utara Yang dilaksanakan Oleh PT. Garuda Indonesia yang diantaranya kurang memperhatikan factor–factor penting penunjang dalam Pembangunan Penangkaran Penyu diantaranya :

1. Didalam Pembangunan Penangkaran Penyu tidak diperhatikan masalah Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL)
Dimana tidak memperhatikan unsure-unsur udara dan air (UKL/UPL) yang sangat penting dalam kelanjutan kehidupan Penyu itu sendiri. Dimana Konsultan Perencana tidak Profesional dalam Perencanaan sehingga tidak mampu membuat konsep yang pas untuk menunjang kelangsungan kehidupan Penyu lebih Baik.

2. Dalam Perencanaan tidak dilakukan Study Kelayakan (FS) dimana lokasi bangunan yang berada di Sepadan Pantai tersebut membutuhkan sebuah bangunan yang mempunyai standar konstruksi tertentu, karena adanya kondisi alam yang mempengaruhi kekuatan konstruksi bangunan dan diperkirakan apabila ada angin barat yang sangat kuat akan membahayakan pengunjung dan akan mengakibatkan kerusakan yang sangat signifikan karena bangunan tersebut tidak memiliki kakuatan yang baik.

3. Posisi Bangunan yang menjorok kepantai mempunyai banyak kelemahan yang akan beresiko kepada para wisatawan karena tidak adanya pelindung terhadap bangunan itu sendiri yang mengakibatkan bangunan itu harus memiliki kekuatan dalam menjaga angin dan air pasang.
4. Tidak mengakomodirnya para ahli dalam pembangunan Penangkaran Penyu itu sehingga tidak dapat diyakini apakah penyu itu akan menjadi sebuah Penangkaran atau akan menjadi sebuah perdagangan umum terselubung.
5. PT. Garuda Indonesia telah mengalokasikan dana Sosial dengan Cuma-Cuma tanpa memperhatikan Study kelayakan dan Analisa tentang Dampak Lingkungan. Pemerintah Daerah menerima bangunan yang tidak menunjang program – program yang dicanangkan.
6. Bangunan Permanen yang dilaksanakan oleh PT. Garuda Indonesia Tidak Memiliki Ijin Bangunan (IMB) dan didirikan pada tanah yang ditetapkan melalui Perda tidak boleh ada bangunan permanen disepanjang Sepadan Pantai.
7. Saran kami agar bangunan tersebut ditinjau ulang atau Dibongkar.

Hormat kami,

Tembusan :
1. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nusa Tenggara Barat
2. PT. Garuda Indonesia Jakarta
3. Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat
4. Bupati Kepala Daerah Kab. Lombok Utara

Dikirim Oleh Saudara Raden Hima
Contact Person:
raden_hima@yahoo.co.id

Submitted on 2009/12/08 at 10:22am

Written by Administrator

December 17, 2009 at 9:57 am

Posted in Arikel Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: